S1 PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Program Sarjana Strata Satu Pendidikan Agama Kristen diberi ijin oleh Kementrian Agama pada tahun 2018. Sedikit berbeda pengajaran dengan Teologi, Pendidikan Agama Kristen lebih mengajarkan pemahaman tentang Agama Kristen yang nantinya akan dapat menjadi seorang guru.

Adapun yg mendorong kami membuka konsentrasi atau program study ini adalah menjawab pergumulan dan persoalan hamba-hamba Tuhan dalam pengembalaan yg ada di pedesaan. Ada begitu banyak Hamba Tuhan yang terlalu fokus mengenai pekerjaan rohani tetapi lupa untuk memikirkan pendidikan anak-anak terkhusunya dipedesaan yang pengajarannya sangat minim, bahkan bnyak yang tidak sekolah. Mungkin mereka tidak lupa tetapi tidak mengerti harus melakukan apa. Itu sebabnya harapan besar bagi lembaga STTAM membuka program study pendidikan Agama Kristen ini akan menunjang pelayanan dalam mendidik anak-anak dalam berkarakter maupun akademisnya, selain itu juga bisa membuka sekolah sendiri untuk membantu anak-anak desa bisa sekolah dan belajar.

Adapun Visi dan Misi Prodi Pendidikan Agama Kristen adalah:

Visi

Menjadi Program Studi PAK yang unggul dalam pelayanan pedesaan dibidang pendidikan baik pada tingkat regional maupun nasional sampai dengan tahun 2030

Misi

Misi Program Studi PAK STT Arastamar Mataram dituangkan dalam beberapa poin berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan jenjang Stratum satu Prodi PAK yang mengedepankan kompetensi keilmuan Pedagogik berbasis nilai-nilai kristiani.
  2. Menumbuhkembangkan budaya penelitian dibidang pendidikan keagamaan, yakni Pendidikan Agama Kristen.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pendidikan, baik di sekolah-sekolah maupun gereja.

Tujuan Program Studi:

Tujuan yang ingin dicapai STT Arastamar Mataram adalah:

  1. Menghasilkan pendidik kristen yang berkompeten dalam ilmu keguruan, berwawasan luas, dan profesional dibidang pendidikan.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik Kristen yang mampu mengkaji perkembangan keilmuan pendidikan pada umumnya dan secara khusus agama Kristen.
  3. Menghasilkan tenaga pendidik yang dapat mendedikasikan hidupnya untuk mencerdaskan masyarakat pada umumnya dan jemaat pada khusunya melalui Pendidikan Agama Kristen.
  4. Menghasilkan tenaga pendidik yang siap bersaing dibidang pendidikan, khususnya dalam menghadapi pasar bebas Asia (MEA).
  5. Menghasilkan tenaga pendidik yang berkarakter, bermoral, dan berintegritas dalam mengemban tugasnya sebagai pendidik.